Nama :
Riki Chandra Wijaya
NIM :
A2F011038
Tugas Penilaian
Otentik Ke-empat
Pembuatan Soal
berdasarkan Kriteria Analisis, comparison, inference and interpretation, and
evaluation
Berikut dilakukan penilaian dari pokok
bahasan vector dan dinamika. Penilaian dilakukan secara tes tertulis dan
percobaan secara langsung oleh siswa di labor fisika. Penilaian ini bermanfaat
bagi guru dalam menilai hasil belajar siswa secara kognitif, afektif, dan
psikomotorik. Rubric ini bukanlah secara keseluruhan penilaian namun bagian
dari beberapa penilaian yang dilakukan pada pokok bahasan vector dan dinamika.
|
Kognitif strategis
|
Soal
|
Criteria/skor
|
|||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
Analysis
|
Sebuah
perahu bergerak dengan kecepatan 5 m/s menyebrang sungai dengan arah utara.
Arus sungai dengan kecepatan 2 m/s ke arah timur. Secara vector tentukan besar dan arah gerak
perahu ketika menyebrangi sungai tersebut?
|
Dik:
Vs =
2 m/s
Vp =
5 m/s
|
Dik:
Vs =
2 m/s
Vp =
5 m/s
Dit:
Vr… ?
|
Dik:
Vs =
2 m/s
Vp =
5 m/s
Dit:
Vr… ?
Jawab:
Vr =
√Vs2 + Vp2
|
Dik:
Vs =
2 m/s
Vp =
5 m/s
Dit:
Vr… ?
Jawab:
Vr =
√Vs2 + Vp2
Vr =
√22 + 52
Vr =
√4 + 25
Vr =
√29 m/s
|
|
Comparison
|
Ketika
kita berada di dalam mobil yang bergerak dengan kecepatan tertentu. Seketika
melihat mobil lain yang bergerak berlawanan arah dengan mobil yang kita
tumpangi. Bila kita lihat mobil yang lewat tersebut kecepatannya begitu
tinggi apabila berpapasan dengan mobil yang kita tumpangi. Jelaskan mengapa
demikian?
|
Penjelasan
yang diberikan asal-asalan
|
Penjelasan
tidak disebutkan adanya pengaruh kecepatan relatif
|
Dalam
penjelasan disebutkan adanya pengaruh kecepatan relative
|
Dalam
penjelasan disebutkan adanya pengaruh kecepatan relative dalam gerak sehingga
terjadi pertambahan vector kecepatan
|
|
Inference
and interpretation
|
Sebuah
mobil bermassa 1000 kg melaju dengan percepatan 2 m/s2.
Tentukanlah berapa besar kerja yang dialami mobil bila mobil berpindah sejauh
100 m?
|
Dik:
M =
1000 kg
a = 2
m/s2
s =
100 m
|
Dik:
M =
1000 kg
a = 2
m/s2
s =
100 m
Dit:
W …?
|
Dik:
M =
1000 kg
a = 2
m/s2
s =
100 m
Dit:
W …?
Jawab:
F =
m.a
F =
1000. 2
F =
2000 N
|
Dik:
M =
1000 kg
a = 2
m/s2
s =
100 m
Dit:
W …?
Jawab:
F =
m.a
F =
1000. 2
F =
2000 N
W =
F.s
W =
2000.100
W =
200000 Joule
|
|
Evaluation
|
Berdasarkan
hukum Newton massa suatu benda tidak dapat berubah bahkan tetap. Sedangkan
berdasarkan relativitas Einstein massa suatu benda dapat berubah, coba
berikan evaluasi dari kedua tinjauan massa tersebut?
|
Memberikan
penjelasan yang tidak sesuai hukum Newton dan relativitas Einsteins.
|
Menjelaskan
tentang filosofis hukum Newton
|
Menjelaskan
tentang filosofis hukum Newton dan filosofis relativitas Einsteins,
|
Menjelaskan
tentang filosofis hukum Newton dan filosofis relativitas Einsteins, serta
memberikan penjelasan pengaruh kecepatan terhadap kedua teori tersebut.
|
|
Meta-kognitif strategis
|
Soal
|
|
|
|
|
|
Planning
|
Siapkan
alat dan bahan yang dibutuhkan untuk melakukan percobaan vector.
|
Menyiapkan
alat dan bahan dengan tidak benar
|
Menyiapkan
alat dan bahan dengan benar dan jumlah yang tidak tepat
|
Menyiapkan
alat dan bahan dengan benar dan tepat.
|
Menyiapkan
alat dan bahan dengan benar dan tepat. Disertai dengan kerapian dalam
penyusunan alat dan bahan.
|
|
Drafting
and lrying
|
Tentukan
resultan vector berdasarkan percobaan untuk vector 3 N dan 4 N yang membentuk
sudut 60o? lakukan percobaan sebanyak 3 kali!
|
Melakukan
percobaan dengan tidak benar
|
Melakukan
percobaan dengan benar,
|
Melakukan
percobaan dengan benar, teliti,
|
Melakukan
percobaan dengan benar, teliti, dan menghasilkan hasil yang sesuai dengan
teori.
|
|
Monitoring
and revising
|
Lakukan
analisis data hasil percobaan vector untuk menentukan nilai rata-rata dan
standar deviasi!
|
Melakukan
analisis data dengan tidak benar
|
Melakukan
analisis data dengan benar,
|
Melakukan
analisis data dengan benar, teliti
|
Melakukan
analisis data dengan benar, teliti dan menghasilkan hasil yang sesuai dengan
penulisan angka penting.
|
|
Evaluation
and reflection
|
Buatlah
kesimpulan dari hasil percobaan yang dilakukan dan buatlah evaluasi kesalahan
percobaan dari percobaan yang dilakukan
|
Menyimpulkan
hasil percobaan dengan tidak benar.
|
Menyimpulkan
hasil percobaan dengan benar tetapi tidak sesuai dengan hasil percobaan.
|
Menyimpulkan
hasil percobaan dengan benar sesuai dengan hasil percobaan yang ditemukan,
|
Menyimpulkan
hasil percobaan dengan benar sesuai dengan hasil percobaan yang ditemukan,
dan mengungkapkan kesalahan percobaan dengan tepat sesuai dengan teori
kesalahan.
|
Keterangan
penilaian:
Dari hasil setiap skor dijumlahkan dan ditentukan
nilai akhir sesuai dengan persamaan:
H = (Jumlah skor/ skor maksimal) x 100
H = (Jumlah skor/ skor maksimal) x 100
Skor maksimal = 16
Criteria
kualitatif hasil penilaian
80
– 100 = sangat baik
60
– 80 = baik
40
– 60 = sedang
20
– 40 = tidak baik
≤
19 = sangat tidak baik
Komentar
Posting Komentar