rubrik penilaian otentik berdasarkan 6 standar penilaian, tugas 3
Nama : Riki Chandra Wijaya
NIM : A2F011038
KISI-KISI
TES HASIL BELAJAR
No.
|
Standard
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Aspek Kognitif
|
||
C1
|
C2
|
C3
|
||||
1.
|
1.
Menerapkan konsep besaran fisika dan pengukurannya.
|
1.1 Mengukur besaran fisika
(massa, panjang, dan waktu)
|
-
Menggunakan alat ukur besaran panjang, massa, dan
waktu dengan beberapa jenis alat ukur.
-
Mengukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan
mempertimbangkan ketelitian dan ketepatan
|
1.I;2.I
|
4.I;1.II
|
3.I
|
1.2 Melakukan penjumlahan vektor.
|
-
Menjumlahkan dua vektor atau lebih secara grafis.
-
Menjumlahkan dua vektor secara analisis
|
5.I;6.I;7.I;8.I;2.II;5.II
|
||||
2.
|
2.Menerapkan
konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik.
|
2.1 Menganalisis
besaran fisika pada gerak dengan
kecepatan dan percepatan konstan
|
-
Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak
dengan kecepatan konstan.
|
10.I
|
9.I;3.II;4.II
|
|
SOAL TES KOGNITIF
1. Sesuatu
yang dapat diukur dan memiliki nilai dan satuan dinamakan…
a a. Satuan
b. Vector
b. Vector
c c. Besaran
d d. Scalar
e e. Turunan
2. Berikut
yang merupakan golongan besaran turunan ialah…
P a. Panjang, luas, dan volume
b b. Luas, kecepatan, dan massa
c c. Berat, kecepatan, dan waktu
d d. Massa jenis, kecepatan, dan berat
e e. Intensitas cahaya, jumlah zat, dan
panjang
3. Panjang
benda yang terbaca pada jangka sorong berikut ialah…

a a. 7,2 mm
b b. 6,3 mm
c c. 7,5 mm
d d. 0,72 mm
e e. 0,63 mm
4. Dimensi
dari besaran gaya ialah…
a a. [M][L][T]-2
b b. [M][L]-2[T]-1
c c. [M][L][T]
d d. [M]-1[L]-2[T]-3
e e. [M][L][T]-3
5. Sebuah
mobil bergerak ke timur sejauh 30 km, selanjutnya bergerak ke utara sejauh 40
km. resultan dari gerak mobil tersebut ialah…
a a. 10 km
b b. 20 km
c c. 30 km
4 d. 40km
e e. 50 km
6. Dua
buah vector yang besarnya masing-masing 5 satuan dan 3 satuan membentuk sudut
60o satu sama lain. Resultan kedua vector tersebut ialah…
a a. 1 satuan
b b. 3 satuan
c c. 5 satuan
d d. 7 satuan
e e. 9 satuan
7. Vector
A 30 satuan ke timur dan vector B 50 satuan ke barat. Resultan kedua vector
tersebut ialah…
a a. 20 ke barat
b b. 20 ke timur
c c. 80 ke timur
d d. 80 ke barat
e e. 0
8. Vector
A = 2i + 4 j, vector B = 5i + 2j. perkalian vector dari kedua vector tersebut
menghasilkan…
a a.16 k
- b. -16 k
c c. 4 k
d d. -4 k
e e. 24 k
9. Sebuah
mobil bergerak ke timur sejauh 60 km selanjutnya bergerak ke selatan sejauh 80
km. perpindahan mobil tersebut ialah…
a a. 20 km
b b. 40 km
c c. 60 km
d d. 80 km
e e.100 km
10. Cabang
ilmu fisika yang mempelajari gerak benda tanpa meninjau penyebab benda itu
bergerak dinamakan…
a a. Dinamika
b b. Kinematika
c c. Termodinamika
d d. Fisika klasik
e e. Fisika modern
I.
Jawablah pertanyaan berikut dengan rapi,
jelas dibaca, dan teliti.
11.Sebutkan beberapa 5 buah besaran vector
yang anda ketahui?
2. F1 = 2i + 5j – 2k dan F2
= 4i – 2j. Tentukanlah hasil perkalian scalar kedua vector tersebut?
3.
Seorang anak berjalan ke timur sejauh 30
m selama 30 sekon, selanjutnya anak tersebut berjalan ke barat sejauh 40 m
selama 30 sekon pula. Tentukanlah berapa besar kecepatan dan kelajuan anak
tersebut?
4.
Dua buah mobil melaju dengan arah
berlawanan seperti pada gambar.

Kecepatan
mobil A 20 m/s dan mobil B 10 m/s. jika jarak kedua mobil 100 m maka berapakah
waktu kedua mobil akan berpapasan satu sama lain?
5.
Tiga vector seperti pada gambar.

A
= 10 satuan, B =
satuan, dan C = 8 satuan.
Tentukan
resultan ketiga vector tersebut ialah…
KUNCI JAWABAN:
I.
Pilihan Ganda
1. C
2. D
3. A
4. A
5. E
6. D
7. A
8. B
9. E
10. B
Keterangan:
II.
Essay
No.
|
Soal
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1.
|
Sebutkan beberapa 5 buah besaran
vector yang anda ketahui?
|
Menyebutkan
1
besaran
|
Menyebutkan
2
besaran
|
Menyebutkan
3
besaran
|
Menyebutkan
4 besaran
|
Menyebutkan
5 besaran
|
2.
|
F1 = 2i + 5j – 2k dan F2
= 4i – 2j. Tentukanlah hasil perkalian scalar kedua vector tersebut?
|
Dik:
F1 = 2i + 5j – 2k
F2 = 4i – 2j
|
Dik:
F1 = 2i + 5j – 2k
F2 = 4i – 2j
Dit:
F1.F2 = …?
|
Dik:
F1 = 2i + 5j – 2k
F2 = 4i – 2j
Dit:
F1.F2 = …?
Jawab:
F1.F2 = (2i+5j-2k).(4i-2j)
|
Dik:
F1 = 2i + 5j – 2k
F2 = 4i – 2j
Dit:
F1.F2 = …?
Jawab:
F1.F2 = (2i+5j-2k).(4i-2j)
= 2.4.i.i + 2.(-2) .i.j + 5.4.j.i + 5.
(-2).j.j + (-2). 4.k.i + (-2).(-2). k.i
|
Dik:
F1 = 2i + 5j – 2k
F2 = 4i – 2j
Dit:
F1.F2 = …?
Jawab:
F1.F2 = (2i+5j-2k).(4i-2j)
= 2.4.i.i + 2.(-2) .i.j + 5.4.j.i + 5.
(-2).j.j + (-2). 4.k.i + (-2).(-2). k.i
= 8 + 0 + 0 -10 + 0 + 0
= -2
|
3.
|
Seorang anak
berjalan ke timur sejauh 30 m selama 30 sekon, selanjutnya anak tersebut
berjalan ke barat sejauh 40 m selama 30 sekon pula. Tentukanlah berapa besar
kecepatan dan kelajuan anak tersebut?
|
Dik:
R1 = 30
m ke timur
T1 = 30
sekon
R2
= 40 m ke barat
T2 = 30 sekon
|
Dik:
R1 = 30
m ke timur
T1 = 30
sekon
R2
= 40 m ke barat
T2 = 30 sekon
Dit:
|
Dik:
R1 = 30
m ke timur
T1 = 30 sekon
R2
= 40 m ke barat
T2 = 30 sekon
Dit:
Jawab:
T
= T1 + T2 = 30 + 30 = 60 s
|
Dik:
R1 = 30
m ke timur
T1 = 30
sekon
R2
= 40 m ke barat
T2 = 30 sekon
Dit:
Jawab:
T
= T1 + T2 = 30 + 30 = 60 s
|
Dik:
R1 = 30
m ke timur
T1 = 30
sekon
R2
= 40 m ke barat
T2 = 30 sekon
Dit:
Jawab:
T
= T1 + T2 = 30 + 30 = 60 s
|
4.
|
Kecepatan mobil A 20 m/s dan mobil B
10 m/s. jika jarak kedua mobil 100 m maka berapakah waktu kedua mobil akan
berpapasan satu sama lain?
|
Dik:
Va = 20
m/s
Vb = 10
m/s
S = 100
m
|
Dik:
Va = 20
m/s
Vb = 10
m/s
S = 100
m
Dit : t
….?
|
Dik:
Va = 20
m/s
Vb = 10
m/s
S = 100
m
Dit : t
….?
Jawab:
|
Dik:
Va = 20
m/s
Vb = 10
m/s
S = 100
m
Dit : t
….?
Jawab:
|
Dik:
Va = 20
m/s
Vb = 10
m/s
S = 100
m
Dit : t
….?
Jawab:
Maka:
|
5.
|
![]()
A = 10 satuan, B =
Tentukan resultan ketiga vector
tersebut ialah…
|
Dik:
A = 10
satuan
B =
C
= 8 satuan
Θ
= 60o
Dit:
R … ?
|
Dik:
A = 10
satuan
B =
C
= 8 satuan
Θ
= 60o
Dit:
R … ?
Jawab:
Ax
= A. cos 60o
Ax
= 10.1/2
Ax
= 5 satuan
Ay
= A. sin 60o
Ay
= 10. ½
Ay
= 5
|
Dik:
A = 10
satuan
B =
C
= 8 satuan
Θ
= 60o
Dit:
R … ?
Jawab:
Ax
= A. cos 60o
Ax
= 10.1/2
Ax
= 5 satuan
Ay
= A. sin 60o
Ay
= 10. ½
Ay
= 5
Resultan
sb-x
∑Rx
= Ax – C
∑Rx
= 5 – 8
∑Rx
= -3
|
Dik:
A = 10
satuan
B =
C
= 8 satuan
Θ
= 60o
Dit:
R … ?
Jawab:
Ax
= A. cos 60o
Ax
= 10.1/2
Ax
= 5 satuan
Ay
= A. sin 60o
Ay
= 10. ½
Ay
= 5
Resultan
sb-x
∑Rx
= Ax – C
∑Rx
= 5 – 8
∑Rx
= -3
Resultan
sb-y
∑Ry
= Ay – B
∑Ry
= 5
∑Ry
= 3
|
Dik:
A = 10
satuan
B =
C
= 8 satuan
Θ
= 60o
Dit:
R … ?
Jawab:
Ax
= A. cos 60o
Ax
= 10.1/2
Ax
= 5 satuan
Ay
= A. sin 60o
Ay
= 10. ½
Ay
= 5
Resultan
sb-x
∑Rx
= Ax – C
∑Rx
= 5 – 8
∑Rx
= -3
Resultan
sb-y
∑Ry
= Ay – B
∑Ry
= 5
∑Ry
= 3
Resultan
gaya:
|
Keterangan
:
Nilai
akhir dari tes hasil belajar:
Skor
akhir = Skor pilihan ganda + skor essay
LEMBAR VALIDASI
No.
|
Dimensi
|
Skor
Penilaian
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Fisika
|
||||
Pemecahan Masalah
|
|||||
Menetapkan Persamaan yang digunakan
|
|||||
Perhitungan
|
|||||
2.
|
Pembelajaran
|
||||
Standar Kompetensi
|
|||||
Kompetensi Dasar
|
|||||
Indikator
|
|||||
3.
|
Keadilan dan Kesempatan
|
||||
Soal yang diberikan sama untuk semua kelas
|
|||||
Soal yang diberikan sudah diberikan pembelajaran yang sama untuk
semua kelas
|
|||||
4.
|
Keterbukaan
|
||||
Pemberian skor
|
|||||
Pengembalian lembar jawaban
|
|||||
Penjelasan letak kesalahan
|
|||||
Remedial untuk siswa yang belum tuntas
|
|||||
Pengayaan untuk siswa yang tuntas
|
|||||
5.
|
Kesimpulan
|
||||
Tes merupakan uji hasil belajar yang merangkum seluruh materi
pelajaran tertentu
|
|||||
6.
|
Koherensi
|
||||
Tes yang diberikan digunakan untuk mengetahui pemahaman siswa tentang
Kerja dan energy
|
|||||
Keterangan :
Kriteria Skor:
80 – 100 = Sangat Baik
60 – 79 = Baik
40 – 59 = Cukup
20 – 39 = Tidak Baik
≤19 =
Sangat Tidak Baik

Komentar
Posting Komentar