rubrik penilaian otentik berdasarkan 6 standar penilaian, tugas 3



Nama             : Riki Chandra Wijaya
NIM                 : A2F011038
KISI-KISI TES HASIL BELAJAR
No.
Standard Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
Aspek Kognitif
C1
C2
C3
1.
1. Menerapkan  konsep  besaran fisika dan pengukurannya.
1.1 Mengukur besaran fisika (massa, panjang, dan waktu)
-      Menggunakan alat ukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan beberapa jenis alat ukur.
-      Mengukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan mempertimbangkan ketelitian dan ketepatan
1.I;2.I

4.I;1.II




 3.I
1.2  Melakukan penjumlahan vektor.

-      Menjumlahkan dua vektor atau lebih secara grafis.
-      Menjumlahkan dua vektor secara analisis



5.I;6.I;7.I;8.I;2.II;5.II
2.
2.Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik.

2.1    Menganalisis besaran fisika pada gerak  dengan kecepatan dan percepatan konstan

-      Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak dengan kecepatan konstan.
10.I

9.I;3.II;4.II



SOAL TES KOGNITIF


1.      Sesuatu yang dapat diukur dan memiliki nilai dan satuan dinamakan…
a        a.    Satuan
          b. Vector
c        c. Besaran
d        d. Scalar
e        e. Turunan
2.      Berikut yang merupakan golongan besaran turunan ialah…
P       a. Panjang, luas, dan volume
b       b. Luas, kecepatan, dan massa
c       c.  Berat, kecepatan, dan waktu
d       d. Massa jenis, kecepatan, dan berat
e       e. Intensitas cahaya, jumlah zat, dan panjang
3.      Panjang benda yang terbaca pada jangka sorong berikut ialah…
a      a. 7,2 mm
b      b. 6,3 mm
c      c. 7,5 mm
d     d. 0,72 mm
e     e. 0,63 mm
4.      Dimensi dari besaran gaya ialah…
a     a. [M][L][T]-2
b     b. [M][L]-2[T]-1
c     c.  [M][L][T]
d    d. [M]-1[L]-2[T]-3
e     e. [M][L][T]-3
5.      Sebuah mobil bergerak ke timur sejauh 30 km, selanjutnya bergerak ke utara sejauh 40 km. resultan dari gerak mobil tersebut ialah…
a     a. 10 km
b     b. 20 km
c     c. 30 km
4    d. 40km
e    e. 50 km
6.      Dua buah vector yang besarnya masing-masing 5 satuan dan 3 satuan membentuk sudut 60o satu sama lain. Resultan kedua vector tersebut ialah…
a     a. 1 satuan
b     b. 3 satuan
c     c. 5 satuan
d    d. 7 satuan
e    e.  9 satuan
7.      Vector A 30 satuan ke timur dan vector B 50 satuan ke barat. Resultan kedua vector tersebut ialah…
a    a.  20 ke barat
b    b. 20 ke timur
c    c.  80 ke timur
d   d.  80 ke barat
e    e.    0
8.      Vector A = 2i + 4 j, vector B = 5i + 2j. perkalian vector dari kedua vector tersebut menghasilkan…
a    a.16 k
-    b.  -16 k
c    c.   4 k
d   d.  -4 k
e    e. 24 k
9.      Sebuah mobil bergerak ke timur sejauh 60 km selanjutnya bergerak ke selatan sejauh 80 km. perpindahan mobil tersebut ialah…
a    a.  20 km
b    b. 40 km
c    c.  60 km
d    d.  80 km
e    e.100 km
10.  Cabang ilmu fisika yang mempelajari gerak benda tanpa meninjau penyebab benda itu bergerak dinamakan…
a     a.  Dinamika
b     b. Kinematika
c     c. Termodinamika
d     d. Fisika klasik
e     e. Fisika modern


I.                   Jawablah pertanyaan berikut dengan rapi, jelas dibaca, dan teliti.
11.Sebutkan beberapa 5 buah besaran vector yang anda ketahui?
   2.  F1 = 2i + 5j – 2k dan F2 = 4i – 2j. Tentukanlah hasil perkalian scalar kedua vector tersebut?
   3.      Seorang anak berjalan ke timur sejauh 30 m selama 30 sekon, selanjutnya anak tersebut berjalan ke barat     sejauh 40 m selama 30 sekon pula. Tentukanlah berapa besar kecepatan dan kelajuan anak tersebut?
   4.      Dua buah mobil melaju dengan arah berlawanan seperti pada gambar.
Kecepatan mobil A 20 m/s dan mobil B 10 m/s. jika jarak kedua mobil 100 m maka berapakah waktu kedua mobil akan berpapasan satu sama lain?
   5.      Tiga vector seperti pada gambar.
A = 10 satuan, B =  satuan, dan C = 8 satuan.
Tentukan resultan ketiga vector tersebut ialah…
KUNCI JAWABAN:
I.              Pilihan Ganda
1.    C
2.    D
3.    A
4.    A
5.    E
6.    D
7.    A
8.    B
9.    E
10. B
Keterangan:
 
II.            Essay



No.
Soal
1
2
3
4
5
1.
Sebutkan beberapa 5 buah besaran vector yang anda ketahui?

Menyebutkan
1 besaran
Menyebutkan
2 besaran
Menyebutkan
3 besaran
Menyebutkan 4 besaran
Menyebutkan 5 besaran
2.
F1 = 2i + 5j – 2k dan F2 = 4i – 2j. Tentukanlah hasil perkalian scalar kedua vector tersebut?

Dik:
 F1 = 2i + 5j – 2k
F2 = 4i – 2j
Dik:
 F1 = 2i + 5j – 2k
F2 = 4i – 2j
Dit:
F1.F2 = …?
Dik:
 F1 = 2i + 5j – 2k
F2 = 4i – 2j
Dit:
F1.F2 = …?
Jawab:
F1.F2 = (2i+5j-2k).(4i-2j)
Dik:
 F1 = 2i + 5j – 2k
F2 = 4i – 2j
Dit:
F1.F2 = …?
Jawab:
F1.F2 = (2i+5j-2k).(4i-2j)
= 2.4.i.i + 2.(-2) .i.j + 5.4.j.i + 5. (-2).j.j + (-2). 4.k.i + (-2).(-2). k.i
Dik:
 F1 = 2i + 5j – 2k
F2 = 4i – 2j
Dit:
F1.F2 = …?
Jawab:
F1.F2 = (2i+5j-2k).(4i-2j)
= 2.4.i.i + 2.(-2) .i.j + 5.4.j.i + 5. (-2).j.j + (-2). 4.k.i + (-2).(-2). k.i
= 8 + 0 + 0 -10 + 0 + 0
= -2
3.
Seorang anak berjalan ke timur sejauh 30 m selama 30 sekon, selanjutnya anak tersebut berjalan ke barat sejauh 40 m selama 30 sekon pula. Tentukanlah berapa besar kecepatan dan kelajuan anak tersebut?

Dik:
R1 = 30 m ke timur
T1 = 30 sekon
R2 =  40 m ke barat
T2  = 30 sekon
Dik:
R1 = 30 m ke timur
T1 = 30 sekon
R2 =  40 m ke barat
T2  = 30 sekon
Dit:
Dik:
R1 = 30 m ke timur
T1 = 30 sekon
R2 =  40 m ke barat
T2  = 30 sekon
Dit:
Jawab:
T = T1 + T2 = 30 + 30 = 60 s
 
 
Dik:
R1 = 30 m ke timur
T1 = 30 sekon
R2 =  40 m ke barat
T2  = 30 sekon
Dit:
Jawab:
T = T1 + T2 = 30 + 30 = 60 s
 

Dik:
R1 = 30 m ke timur
T1 = 30 sekon
R2 =  40 m ke barat
T2  = 30 sekon
Dit:
Jawab:
T = T1 + T2 = 30 + 30 = 60 s
 
 
4.
Kecepatan mobil A 20 m/s dan mobil B 10 m/s. jika jarak kedua mobil 100 m maka berapakah waktu kedua mobil akan berpapasan satu sama lain?

Dik:
Va = 20 m/s
Vb = 10 m/s
S = 100 m

Dik:
Va = 20 m/s
Vb = 10 m/s
S = 100 m
Dit : t ….?

Dik:
Va = 20 m/s
Vb = 10 m/s
S = 100 m
Dit : t ….?
Jawab:

Dik:
Va = 20 m/s
Vb = 10 m/s
S = 100 m
Dit : t ….?
Jawab:
 
 
 
 
 
 
Dik:
Va = 20 m/s
Vb = 10 m/s
S = 100 m
Dit : t ….?
Jawab:
 
 
 
 
 
 
Maka:
 
5.
A = 10 satuan, B =  satuan, dan C = 8 satuan.
Tentukan resultan ketiga vector tersebut ialah…

Dik:
A = 10 satuan
B =  satuan
C = 8 satuan
Θ = 60o
Dit: R … ?

Dik:
A = 10 satuan
B =  satuan
C = 8 satuan
Θ = 60o
Dit: R … ?
Jawab:
Ax = A. cos 60o
Ax = 10.1/2
Ax = 5 satuan

Ay = A. sin 60o
Ay = 10. ½
Ay = 5 satuan


Dik:
A = 10 satuan
B =  satuan
C = 8 satuan
Θ = 60o
Dit: R … ?
Jawab:
Ax = A. cos 60o
Ax = 10.1/2
Ax = 5 satuan

Ay = A. sin 60o
Ay = 10. ½
Ay = 5 satuan

Resultan sb-x
∑Rx = Ax – C
∑Rx = 5 – 8
∑Rx = -3


Dik:
A = 10 satuan
B =  satuan
C = 8 satuan
Θ = 60o
Dit: R … ?
Jawab:
Ax = A. cos 60o
Ax = 10.1/2
Ax = 5 satuan

Ay = A. sin 60o
Ay = 10. ½
Ay = 5 satuan

Resultan sb-x
∑Rx = Ax – C
∑Rx = 5 – 8
∑Rx = -3

Resultan sb-y
∑Ry = Ay – B
∑Ry = 5  -
∑Ry = 3



Dik:
A = 10 satuan
B =  satuan
C = 8 satuan
Θ = 60o
Dit: R … ?
Jawab:
Ax = A. cos 60o
Ax = 10.1/2
Ax = 5 satuan

Ay = A. sin 60o
Ay = 10. ½
Ay = 5 satuan

Resultan sb-x
∑Rx = Ax – C
∑Rx = 5 – 8
∑Rx = -3

Resultan sb-y
∑Ry = Ay – B
∑Ry = 5  -
∑Ry = 3

Resultan gaya:
 
 
 
 
 


Keterangan :
 

Nilai akhir dari tes hasil belajar:
Skor akhir = Skor pilihan ganda + skor essay

LEMBAR VALIDASI
No.
Dimensi
Skor Penilaian
1
2
3
4
1.
Fisika





Pemecahan Masalah





Menetapkan Persamaan yang digunakan





Perhitungan




2.
Pembelajaran





Standar Kompetensi





Kompetensi Dasar





Indikator




3.
Keadilan dan Kesempatan





Soal yang diberikan sama untuk semua kelas





Soal yang diberikan sudah diberikan pembelajaran yang sama untuk semua kelas




4.
Keterbukaan





Pemberian skor





Pengembalian lembar jawaban





Penjelasan letak kesalahan





Remedial untuk siswa yang belum tuntas





Pengayaan untuk siswa yang tuntas




5.
Kesimpulan





Tes merupakan uji hasil belajar yang merangkum seluruh materi pelajaran tertentu




6.
Koherensi





Tes yang diberikan digunakan untuk mengetahui pemahaman siswa tentang Kerja dan energy





Keterangan :
 
Kriteria Skor:
            80 – 100         = Sangat Baik
            60 – 79                       = Baik
            40 – 59                       = Cukup
            20 – 39                       = Tidak Baik
            ≤19                 = Sangat Tidak Baik

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kendala Nissan X trail susah hidup

soal persiapan UAN Fisika Terbaru

Analisis Rangka Batang dengan Menggunakan Metode Matrik